BMKG prakirakan hujan guyur DKI Jakarta pada Jumat siang

BMKG prakirakan hujan guyur DKI Jakarta pada Jumat siang

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan abu dengan intensitas berbeda terjadi pada lima wilayah DKI Jakarta pada Jumat siang.

Dikutip daripada laman resmi BMKG, seluruh daerah di Ibu Kota, pada Jumat pagi dapat merasakan cuaca terang berawan. Memasuki siang hari, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan berlaku di wilayah Jakarta Barat.

Hujan ​​ringan diperkirakan  berlaku di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sedangkan Jakarta Timur serta Jakarta Selatan diperkirakan  hujan disertai petir.

“Waspada hujan disertai kilat atau petir serta angin kencang dengan durasi sedikit di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari, ” bahana peringatan dini dari BMKG.

Memasuki malam hari, abu ringan diperkirakan masih terjadi pada wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Sedangkan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan. Hingga dini hari semesta wilayah DKI Jakarta merasakan iklim berawan.

Baca juga: Cuaca cerah kelam warnai Jakarta hari ini
Baca juga: Cerah berawan pengaruh cuaca Jakarta sepanjang Selasa

Untuk guru udara diperkirakan berkisar 23-32 nilai Celcius.   Jakarta Barat (23-32 derajat), Jakarta Pusat (25-30 derajat), Jakarta Selatan (23-32 derajat), Jakarta Timur (23-32 derajat), Jakarta Mengadukan (25-30 derajat) dan Kepulauan Bermacam-macam (27-30 derajat).

Kelembaban udara berkisar 65-95 persen di Jakarta Barat, 70-90 persen di Jakarta Pusat dan Jakarta Mengetengahkan, 65-90 persen di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, 80-90 pada Kepulauan Seribu.

BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan ketekunan sedang hingga lebat dalam durasi singkat di masa pancaroba.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Diprediksi bahwa sebagian tinggi wilayah Indonesia memasuki periode pembukaan musim hujan mulai akhir Oktober-November 2020.

Selama September-Oktober, periode peralihan musim (pancaroba) lantaran kemarau ke penghujan masih berlaku di beberapa wilayah Indonesia.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020