Sandiaga harapkan desa wisata siap lokomotif kebangkitan parekraf

sandiaga-harapkan-desa-wisata-jadi-lokomotif-kebangkitan-parekraf-1

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Kami memetakan tersedia 1. 200 potensi dukuh wisata di Tanah Cairan yang siap dikembangkan secara berkelanjutan karena memiliki kadar kearifan lokal dan budaya yang kuat

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Institusi Pariwisata dan Ekonomi Kaya Sandiaga Salahuddin Uno berharap desa wisata mampu menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian Tanah Air  khususnya pada daerah pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menjelaskan program pelantikan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 menjadi salah kepala cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya pariwisata.

Sandiaga menyebut kalau program tersebut dilakukan untuk menjadikan desa wisata Nusantara sebagai destinasi wisata berkelas dunia dan berdaya bertentangan.

“Desa wisata ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan dan diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan umum desa sehingga memiliki daya saing serta menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian di zona parekraf di tengah pandemi, ” katanya.

Baca juga: Menparekraf dukung pengembangan desa wisata di Pariaman

Menparekraf  menjelaskan sesuai RPJMN 2020 – 2024, Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

Namun, ia  mencita-citakan bisa melebih target yang dicanangkan mengingat besarnya potensi desa wisata, yang tercatat terdapat di 74 ribu desa di Indonesia.

“Kami memetakan tersedia 1. 200 potensi tempat wisata di Tanah Air yang siap dikembangkan secara berkelanjutan karena memiliki nilai kearifan lokal dan budaya yang kuat. Ini menjadi bahan kita ke depan, ” katanya.

Selain itu Menparekraf Sandiaga menjelaskan secara umum desa wisata terklasifikasi dalam tiga bagian.

Pertama merupakan rintisan, desa wisata maju dan berkembang, serta dukuh wisata mandiri yakni kampung wisata yang sudah mampu melakukan inovasi masyarakat di pengembangan potensi desa menjelma unit kewirausahaan mandiri.

“Kita sudah memiliki desa wisata yang populer di dunia salah satunya di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali, yang ternama karena menjadi desa terbersih di dunia. Kita selalu punya beberapa desa dengan sudah memiliki standar internasional, oleh karena itu penilaian anugerah di Desa Wisata Indonesia tahun 2021 didasarkan empat pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan yaitu, tata kelola, ekonomi lokal, budaya, & pelestarian lingkungan, ” sekapur Sandiaga.

Bagi masyarakat atau pelaku wisata dan ekonomi kreatif yang ingin bergabung ke dalam jaringan desa wisata formal di Indonesia, dapat mencantumkan diri melalui situs sah Jaringan Desa Wisata Jadesta. com. Peserta dapat melaksanakan pendaftaran mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

Pada jalan yang sama, salah mulia dari 15 juri Rahmat Desa Wisata 2021 Chef Vindex Tengker menambahkan, salah satu daya tarik kampung wisata itu adalah sebab sisi kuliner selain keindahan alam dan kebersihannya.

“Kita ingin kurasi betul kuliner menjadi daya tarik untuk kunjungan wisatawan ke desa wisata. Kebolehan kuliner juga menjadi jalan promosi keluar negeri. Kita harapkan nanti terjadi penambahan kualitas produk juga dibarengi dengan keberlanjutan supaya itu bisa terus maju dibanding desa miskin siapa tahu dukuh makmur. Masyarakatnya harus diapresiasi karena bisa menjaga tempat wisata terbaik dengan memelihara budaya dan kearifan lokal termasuk makanan, ” ujarnya.

Sementara itu, kategori penilaian Anugerah Kampung Wisata 2021 meliputi homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif, serta daya tarik wisata. Pemimpin Anugerah Desa Wisata ini akan diumumkan pada 7 Desember 2021.

Seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Daerah Wisata 2021 nantinya hendak masuk ke dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia atau Jadesta. Desa-desa tersebut serupa akan dipromosikan kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Baca juga: Desa Wisata Anjir Muara bertekad oleh karena itu destinasi nasional
Menangkap juga: Kemenparekraf prioritaskan perluasan desa wisata

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021